Jumat, 24 Desember 2010

Menghidupkan Komputer dengan Keyboard dan Mouse

Selamat datang sahabat blogger, pada kesempatan kali ini saya berkesempatan memposting artikel pertama saya tentang komputer, dalam bahasan ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya membuat PC dapat hidup melalui tombol mouse dan password pada keyboard.
Untuk membuat PC bisa dinyalakan melalui mouse atau password pada keyboard ini bergantung dari Motherboard yang anda gunakan, lebih tepatnya BIOS yang ada dalam Motherboard itu. Dalam kasus saya, saya menggunakan motherboard GigaByte G31M-ES2c dengan BIOS Aword Modular BIOS v6.00PG. Tetapi tidak hanya ada dalam Motherboard ini kebanyakan Motherboard beserta BIOSnya mendukung fasilitas ini. Langsung saja pada tahap-tahapnya.

Langkah-langkah menghidupkan PC dengan mouse atau password tombol keyboard:
Konfigurasi BIOS (Basic Input Output System)
a. Masuk ke menu BIOS
Untuk dapat masuk ke menu BIOS tergantung dari si BIOS itu sendiri, misalnya dengan menekan DEL, F2, F12 dan biasanya tombol-tombol itu sendiri juga ditampilkan pada saat POST.
b. Setelah berhasil masuk BIOS kemudian masuk menu "Power Management Setup"
c. Di menu "Power Management Setup" terdapat list menu yang akan kita manfaatkan yaitu "Power on by Mouse" ataupun "Power on by Keyboard".
d. Untuk menghidupkan komputer dengan Mouse pilih menu "Power on by Mouse" kemudian muncul pilihan "disable" dan "double klick", pilih "double klik" ("double klik" untuk menghidupkan PC dengan men-double klik mouse, disable untuk menonaktifkan fitur menghidupkan PC dengan mouse).
e. Untuk menghidupkan PC dengan keyboard pilih menu "Power on by Keyboard", akan muncul tampilan pilihan "disable", "password", "keyboard 98". Pilih "password", maka menu "KB power on Password" di bawah "Power on by Keyboard" akan aktif. Pilih menu yang baru aktif tersebut, tampil area untuk memasukan Password, enter, konfirmasi password, enter.
f. Save perubahan pada BIOS. (Dengan menekan F10, atau mencari menu save)
Dengan diaktifkannya dua fitur tersebut, maka dengan ini anda telah berhasil mengkonfigurasi BIOS agar dapat menghidupkan PC melalui Mouse ataupun Keyboard, jadi jika ingin menghidupkan PC tidak harus menekan tombol power pada Cashing. Tetapi anda juga bisa memilih salah satu dari dua fitur tersebut, tidak harus kedua-duanya.
Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya postingan ini sesuai dengan motherboard saya, di tipe lain hampir sama konfigurasinya dengan motherboard ini, cukup mencari "Power on by Mouse" ataupun "Power on by Keyboard".
Selamat mencoba

1 komentar:

  1. mantp infonya. bisa nyala y kmputer dengan keyboard

    BalasHapus